My Blog Visitors

free counters
widgeo.net
widgets

Minggu, 07 Maret 2010

materi kewarganegaraan klas 12 semester 1 SMA N 1 TUREN

1.Pancasila sebagai dasar negara dirumuskan dalam sidang BPUPKI, jika dicermati keanggotaan BPUPKI terdiri dari tokoh – tokoh bangsa Indonesia. Berdasarkan hal tersebut maka Pancasila merupakan...........(Dasar Negara)

2.Ideologi Pancasila dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman, ilmu pengetahuan dan teknologi serta dinamika perkembangan aspirasi masyarakat, kemampuan dalam penyesuaian tersebut disebabkan karena pancasila memiliki sifat........(Fleksibel)
Sebagai Ideologi terbuka Pancasila memiliki idialisme, memuat nilai – nilai dasar maupun nilai praksis yang bersifat nyata, sehingga akan selalu dapat mengakomodasi perkembangan dan perubahan. Dalam hal ini yang tidak boleh berubah adalah............(pancasila, karena kalau merubah pancasila, maka sama halnya dengan merubah ideologi negara)

3.Setiap bangsa memerlukan ideologi guna memberikan arah terhadap aktivitas bangsa yang bersangkutan. Agar ideologi itu dapat terwujud dan bermakna, maka terhadap isi ajaran atau doktrin yang ada di dalamnya diperlukan kesetiaan yang tinggi dari bangsa untuk....... (Mengamalkan nilai – nilai yang terkandung dalam ideologi tersebut)

4.Sesuai dengan perkembangan zaman, akhir – akhir ini cara kita berdemokrasi tampaknya semakin jauh dari roh Pancasila dalam pengertian yang utuh dan padu. Ini adalah bentuk tragedi yang selalu saja dilimpahkan orang pada Pancasila. Sila ke lima Pancasila “Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia” telah menjadi yatim piatu dan kurang mendapat perhatian sejak kita merdeka. Hampir tidak ada kebijakan pemerintah dan DPR yang benar – benar dibimbing oleh sila ini (Syafi'i maarif), belum terlaksananya Pancasila sebagaimana mestinya diungkapkan oleh Prof.Dr.Syafi'i maarif tersebut, khususnya terkait Pancasila sebagai..........(Pandangan Hidup)

5.

6.Ciri pemerintahan presidensiil :
? Kelangsungan masa jabatan eksekutif tidak tergantung pada badan legislatif
? Presiden dipilih oleh rakyat, baik secara yang langsung maupun tidak langsung
? Presiden yang bertindak sebagai eksekutif mempunyai masa jabatan tertentu yang pasti
? Legislatif tidak memiliki kewenangan untuk menjatuhkan

7.Perdana menteri sebagai kepala pemerintahan mempunyai wewenang yang cukup besar, diantaranya memimpin kabinet yang anggotanya dipilih sendiri, membimbing majelis rendah, sebagai penghubung dengan raja dan memimpin partai mayoritas. Pernyataan tersebut merupakan ciri pemerintahan parlementer di negara.......(Inggris)

8.Yang merupakan ciri pemerintahan di Amerika serikat adalah......
? Bentuk negaranya adalah federa, sedangkanbentuk pemerintahannya adalah republik
? Jenis konstitusinya adalah konstitusi tertulis
? Sistem kabinet presidensiil, kepala negara dan kepala pemerintahan dipegang oleh satu orang   yaitu presiden
? Yang bertanggung jawab dibidang eksekutif adalah presiden
? Presiden dipilih secara langsungoleh rakyat melalui pemilu

9.Salah satu kelebihan sistem pemerintahan parlementer sehingga sistem ini banyak diadopsi oleh negara – negara demokrasi didunia adalah.......
? Pembuatan kebijakkan dapat ditangani secara cepat karena mudah terjadi penyesuaian pendapat   antara eksekutif dan legeslatif, hal ini karena kekuasaan eksekutif dan legeslatif berada   pada satu partai atau koalisi partai
? Garis tanggung jawab dalam pembuatan dan pelaksanaan kebijakkan publik jelas
? Adanya pengawasan yang kuat dari parlemen terhadap kabinet sehingga kabinet menjadi berhati –   hati dalm menjalankan pemerintahan

10.Mantan Presiden Abdulrahman Wahid alias Gus Dur mengajukan uji materiil UU No 1/Pnps/1965 tentang penyalahgunaan dan penodaan agama. UU itu dianggap deskriminatif dan melanggar kebebasan beragama, sehingga bertentangan dengan pasal 28 huruf e dan pasal 29 ayat 2 UUD 1945 perubahan IV “Lembaga yang berwenang menindaklanjuti uji materiil adalah.........(MPR)

11.Menurut UUD 1945 perubahan IV, keputusan presiden yang harus mendapatkan persetujuan Mahkamah agung adalah.......(Pemberian Grasi)

12.Yang menunjukkan kelemahan dalam sistem pemerintahan di Indonesia adalah......
(Sering bergantiinya kabinet dan munculnya persaingan antar anggota untuk saling mendepak dan mendapatkan posisi yang lebih tinggi, dan juga seiring dengan bergantinya kabinet maka berganti pula seluruh program kerja kabinet karena anggota kabinet yang baru tidak mau terlihat kurang kreatif atau masalah gengsi menggunakan progran kabinet yang lama)

13.Pers dapat menyampaikan berbagai macam kritik yang bersifat membangun dan bermanfaat bagi masyarakat luas sehingga berbagai penyimpangan yang dilakukakn pihak – pihak tertentu dapat diketahui oleh masyarakat dengan cepat, sehingga kerugian masyarakat dapat ditekan bahkan dihilangkan, pernyataan ini merupakan pengertian fungsi.........(Memberikan kontrol)

14.Sebagai wahana informasi publik, pers harus berani melawan setiap penyalahgunaan kekuasaan, korupsi menentang setiap kebijakkan yang bertentangan dengan kepentingan rakyat serta menyuarakan kepentingan rakyat kecil. Pernyataan ini merupakan  pengertian fungsi......(Menghubungkan atau menjebatani)

15.Pers dalam menjalankan fungsi dan tugas serta peranannya sering kali menghadapi benyak tantangan dan masalah. Pers ditantang untuk bekerja lebih profesional sesuai dengan hukum yang berlaku. Dasar hukum yang mengatur pers adalah.........
? UU no 2 tahun 1966
? UU no 4 tahun 1967
? UU no 21 tahun 1982
? UU no 40 tahun 1999

16.Melalui tulisan – tulisannya pers dapat memberikan hiburan pada masyarakat sehingga menimbulkan rasa puas, menyenangkan, melegakan masyarakat. Di bawah ini yang bukan merupakan peranan pers adalah.....
? Memenuhui hak masyarakat untuk mengetahui
? Mengemukakan pendapat umum berdasarkan informasi yang tepat, akurat, dan benar
? Memperjuangkan keadilan dan kebenaran

17.Sebagai media informasi pers, tugas pers menurut krisna harahap adalah........(Memberikan rasa puas)

18.Karena kekhilafannya, pers dalam menyiarkan berita atau gambar yang salah sehingga menimbulkan kerugian bagi orang lain, maka sebaiknya orang yang dirugikan jalan terakhir yang ditempuh adalah.......(Melalui jalur hukum)


19.Sebagai wartawan yang baik dalam menggunakan kebebasan harus bertanggung jawab kepada....(Rakyat dan pemerintah pusat)

20.Berkembangnnya arus globalisasi jelas memberikan dampak pada kebudayaan masyarakat banyak yang terlihat jelas perubahan yang terjadi di masyrakat adalah....(Makin memudarnya apresiasi terhadap nilai – nilali budaya lokal yang melahirkan gaya hidup individualistik, prakmatis, hedonisme, permisif, dan konsumerisme)


21.Pada tahap awal, orang atau masyarakat itu mungkin akan merasa mendapatkan pengalaman baru yang menarik, tetapi ketika masuk ke dalam sistem baru itu akan timbul rasa tertekan dan frustasi. Tahap ini disebut...(Kejenuhan)


22.Globalisasi adalah merupakan suatu kenyataan yang sulit uuntuk dihindari. Sebagai generasi modern globalisasi merupakan tantangan dan peluang. Di bawah ini yang bukan merupakan peluang dan tantangan adalah....
a)Tantangan
? Dampak dari iptek bisa menimbulkan pengangguran yang besar
? Harus mampu menciptakan filter terhadap budaya yang berdampak negatif
? Dalam lapangan kerja, persaingan semakin ketat, inovasi, dan kreatif
b)Peluang
? Suatu kesempatan untuk mengekspor hasil produksi keluar negeri
? Perkembangan IPTEK menjadi mudah dan cepat diterima
? Aktivitas sosial dan adaptasi budaya asing ke dalam budaya bangsa mudah berinteraksi dan   berintegrasi

23.Guna mengantisipasi perubahan yang akan terjadi sebagai akibat globalisasi. Usaha – usaha yang harus kita lakukan adalah.....(Mempersiapkan diri untuk menghadapi arus globalisasi, dan     berusaha untuk membentengi diri dari hal – hal yang kiranya akan menimbulkan dampak negatif bagi diri kita)

24.Berikut ini yang merupakan kriteria kebudayaan asing yang diharapkan masuk dan berkembang di Indonesia adalah kebudayaan asing yang.....(Positif, tidak bertentangan dengan kebudayaan yang ada di Indonesia)

25.Pancasila yang bulat dan utuh memberikan keyakinan kepada rakyat dan bangsa Indonesia, bahwa kebahagiaan hidup akan tercapai apabila.........(Berusaha untuk mengamalkan nilai – nilai yang     terkandung dalam pancasila)

26.Mencermati kondisi bangsa Indobesia dalam konteks ekonomi global, pada saat ini menunjukkan     fenomena yang kurang menguntungkan. Untuk itu perlu melakukan skala prioritas guna     memulihkan ekonomi. Jika tidak, akan timbul berbagai konsekuensi antara lain......    (Berkembangnya nilai – nilai konsumerisme dan individualisme yang akan mengeser nilai     sosial masyarakat)

27.Bagi bangsa Indonesia, masuknya ideologi komunis dan liberalisme dalam era globalisasi     merupakan tantangan dalam bidang......(Sosial dan budaya)

28.Tindakan pencegahan yang harus dilakukan terhadap bahaya laten komunis yang merongrong     persatuan dan kesatuan bangsa indonesia antara lain....
? Selalu waspada terhadap budaya asing yang masuk ke negara kita
? Mengetahui segala bentuk informasi mengenai hubungan internasional yang penting dan   menghindari hal – hal yang buruk di dalam hubungan tersebut
? Mengetahui lebih banyak mengenai segala bentuk tindakan komunis yang mulali mengerogoti   bangsa baik dalam hal budaya, politik maupun pemerintahan

29.Fenomena globalisasi yang sedang dihadapi oleh umat manusia sejak abad ke-20 hingga sekarang dapat ditandai oleh beberapa hal, diantaranya..........(Mobilitas yang tinggi dalam bentuk imigran, turis, pengungsi, tenaga kerja, dan pendatang. Arus manusia ini telah melewati batas – batas teritorial negara)

0 komentar:

Posting Komentar

Trimakasih telah membaca
Ada baiknya kalau anda juga memberikan komentar
Trimakasih