My Blog Visitors

free counters
widgeo.net
widgets

Sabtu, 05 November 2011

Dikit Tips Trick ttg Pemilihan LOKASI & Hukum SEMUT mau...?


  1. Ntah siapa yg pertama blg bhw yg terpenting dr bisnis RETAIL itu: LOKASI, LOKASI,  ! Anyway, itu BENAR!
  2. Yg masuk kategori retail itu, penjualan lgsg yg menunggu pelanggan dtg. Bkn online lho, paham? 
  3. Gan, aku bk konter crepes di mall yg sepi, gmana rameinnya?|PINDAH!|Tapi sewanya murah!|Di Kuburan murah, tp sepi. 
  4. Jgnlah bela2in dpt sewa hrg murah, tp kuntilanakpun gak mau lewat situ. Ujung2nya, kita rugi operasi krn sepi order. 
  5. Ingat: Branding adlh KETERLIHATAN! Smakin jarang/sulit terlihat, smakin tak terkenal. 
  6. Tapi Gan, buktinya ada warung yg rame meskipun 'ngumpet' lokasinya tuh!|Betul, stlh 10tahun, mau? 
  7. Nah kita akan bicarakan  spt apa sih yg bagus & disebut strategis itu?
  8. Ada 4 hal yg perlu diperhatikan u/ memilih  yg akan membuat anda banjir order! Siap2 catat yaa...
  9. U/ mempermudah pemahaman, sy gunakan istilah HUKUM SEMUT. Ada 4hal yg perlu diTANDAi ttg HUKUM SEMUT. 
  10. Pertama, JENIS SEMUT; semut merah/hitam, kecil/besar, kringetan/tidak, menentukan TARGET PASAR kita. 
  11. Semut skolahan akan beda dg semut profesional. Bukan sekedar tmpt yg rame, tapi TEPAT SASARAN. 
  12. Dulu sy pernah buka RM Ikan Bakar, disamping tmpt kursus komputer. Coba tebak? SEPI! Knapa? Salah bidik semutnya! 
  13. Jgn bilang,"Target sy SEMUA SEMUT!"-->Semua? Sedunia? Tua muda? Kaya miskin? Bidik Banyak, Meleset Banyak! 
  14. "Aim small, missed small"--> Bidik kecil/sedikit, meleset sedikit. Detailkan deskripsi jenis semut yg anda bidik. 
  15. Misal: min SMU, single, bkn karyawan, 17-25th, radius 5km, suka pedes. Nah itu spesifik. 
  16. Bahkan bisa lbh spesifik lg, pendapatan (klas), emosional... Smakin spesifik, smakin kita tahu siapa yg kita bidik. 
  17. Kedua, SARANG SEMUT; sarangnya pindah, semutnya ngikut... 
  18. SARANG SEMUT adlh penghasil keramaian, spt: Pabrik, Skul, Perum, Komunitas, Perkantoran, RS. 
  19. Ciri sarang semut, jika dipindahkan, semutnyapun akan ikut pindah. 
  20. Contoh, Bank... Mayoritas karyawannya akan tetap mengikuti kemanapun lokasi Bank pindah, atau dipindahtugaskan. 
  21. Nah, lokasi yg dekat sarang semut, disitulah perputaran uang terjadi. 
  22. Apalagi kalo kategori sarang semutnya yg berduit & borju, smakin melimpah tuh rejeki. 
  23. 23.Kalo tohpun semutnya gak kantong tebel, fokuskan di kebutuhan pokok. Gimanapun semut perlu makan. 
  24. Ketiga, PENGUNDANG SEMUT; mrk adlh GULA, jika ditebar, semutnya datang! 
  25. Siapa itu PENGUNDANG SEMUT? Tenant dg merk2 terkenal, spt Carefour, Hypermart, JCo, KFC, Matahari. 
  26. Knapa mrk tak msk kategori SARANG SEMUT? Krn kalo ada GULA yg lbh dekat buka, aplg lbh manis, semutnya pindah! 
  27. Jarang terjadi, org pindahkan skul anaknya gara2 deket rmh ada skul yg blm jelas kualitasnya, baru buka. 
  28. Sarang semut lbh permanen, GULA bisa dikalahkan. Tapi Pabrik GULA, bisa jd sarang semut. Think! 
  29. Keempat, JALUR SEMUT; jalan yg dilewati semut & TERLIHAT Semut... 
  30. Meski  anda dekat dg pabrik, bkn brarti akan laris warung anda. Dekat, blm tentu terlewati lho...
  31. Nah, dlm survei , selalu GAMBARKAN PETANYA, tandai ke 4 elemen tsb! Bkn pake FEELING. Krn blm tentu Feelingnya well.
  32. Jalur semut jg perlu perhatikan KETERLIHATAN! Jk tertutup POHON, bangunan, tembok, ya Semutnya gak lihat juga. 
  33. Ingat: semut punya SUDUT PANDANG wajar 30 derajat kanan&kiri. Jd pastikan terlihat saat semut lewat. 
  34. Jalur semut jg perlu memperhatikan KECEPATAN SEMUT lewat. 5km/jam(macet) & 80km/jam akan beda ketinggian SignBoardnya. 
  35. Jalur semut pagi hari, beda dg sore/ malam hari. Mungkin beda jg dg week end. Jadi lakukan survei dg teliti. 
  36. Lbh baik anda repot sdikit saat Survei , drpd anda repot u/ memindahkan saat Salah .
  37. Gunakan bantuan petanya mbah Google u/ memudahkan PENANDAAN anda! 
  38. Jangan lupa tandai juga PESAING anda. Dg memilih  dg jalur semut yg tepat, anda bisa curi start!
  39. Skali lagi: Gambar/tandai di peta. Misal: Pengundang: bulatan biru, sarang: hijau, kompetitor:merah, jalur: garis hitam. #LOKASI




0 komentar:

Posting Komentar

Trimakasih telah membaca
Ada baiknya kalau anda juga memberikan komentar
Trimakasih