- Ntah siapa yg pertama blg bhw yg terpenting dr bisnis RETAIL itu: LOKASI, LOKASI,
#LOKASI ! Anyway, itu BENAR! - Yg masuk kategori retail itu, penjualan lgsg yg menunggu pelanggan dtg. Bkn online lho, paham?
#LOKASI - Gan, aku bk konter crepes di mall yg sepi, gmana rameinnya?|PINDAH!|Tapi sewanya murah!|Di Kuburan murah, tp sepi.
#LOKASI - Jgnlah bela2in dpt sewa hrg murah, tp kuntilanakpun gak mau lewat situ. Ujung2nya, kita rugi operasi krn sepi order.
#LOKASI - Ingat: Branding adlh KETERLIHATAN! Smakin jarang/sulit terlihat, smakin tak terkenal.
#LOKASI - Tapi Gan, buktinya ada warung yg rame meskipun 'ngumpet' lokasinya tuh!|Betul, stlh 10tahun, mau?
#LOKASI - Nah kita akan bicarakan
#LOKASI spt apa sih yg bagus & disebut strategis itu? - Ada 4 hal yg perlu diperhatikan u/ memilih
#LOKASI yg akan membuat anda banjir order! Siap2 catat yaa... - U/ mempermudah pemahaman, sy gunakan istilah HUKUM SEMUT. Ada 4hal yg perlu diTANDAi ttg HUKUM SEMUT.
#LOKASI - Pertama, JENIS SEMUT; semut merah/hitam, kecil/besar, kringetan/tidak, menentukan TARGET PASAR kita.
#LOKASI - Semut skolahan akan beda dg semut profesional. Bukan sekedar tmpt yg rame, tapi TEPAT SASARAN.
#LOKASI - Dulu sy pernah buka RM Ikan Bakar, disamping tmpt kursus komputer. Coba tebak? SEPI! Knapa? Salah bidik semutnya!
#LOKASI - Jgn bilang,"Target sy SEMUA SEMUT!"-->Semua? Sedunia? Tua muda? Kaya miskin? Bidik Banyak, Meleset Banyak!
#LOKASI - "Aim small, missed small"--> Bidik kecil/sedikit, meleset sedikit. Detailkan deskripsi jenis semut yg anda bidik.
#LOKASI - Misal: min SMU, single, bkn karyawan, 17-25th, radius 5km, suka pedes. Nah itu spesifik.
#LOKASI - Bahkan bisa lbh spesifik lg, pendapatan (klas), emosional... Smakin spesifik, smakin kita tahu siapa yg kita bidik.
#LOKASI - Kedua, SARANG SEMUT; sarangnya pindah, semutnya ngikut...
#LOKASI - SARANG SEMUT adlh penghasil keramaian, spt: Pabrik, Skul, Perum, Komunitas, Perkantoran, RS.
#LOKASI - Ciri sarang semut, jika dipindahkan, semutnyapun akan ikut pindah.
#LOKASI - Contoh, Bank... Mayoritas karyawannya akan tetap mengikuti kemanapun lokasi Bank pindah, atau dipindahtugaskan.
#LOKASI - Nah, lokasi yg dekat sarang semut, disitulah perputaran uang terjadi.
#LOKASI - Apalagi kalo kategori sarang semutnya yg berduit & borju, smakin melimpah tuh rejeki.
#LOKASI - 23.Kalo tohpun semutnya gak kantong tebel, fokuskan di kebutuhan pokok. Gimanapun semut perlu makan.
#LOKASI - Ketiga, PENGUNDANG SEMUT; mrk adlh GULA, jika ditebar, semutnya datang!
#LOKASI - Siapa itu PENGUNDANG SEMUT? Tenant dg merk2 terkenal, spt Carefour, Hypermart, JCo, KFC, Matahari.
#LOKASI - Knapa mrk tak msk kategori SARANG SEMUT? Krn kalo ada GULA yg lbh dekat buka, aplg lbh manis, semutnya pindah!
#LOKASI - Jarang terjadi, org pindahkan skul anaknya gara2 deket rmh ada skul yg blm jelas kualitasnya, baru buka.
#LOKASI - Sarang semut lbh permanen, GULA bisa dikalahkan. Tapi Pabrik GULA, bisa jd sarang semut. Think!
#LOKASI - Keempat, JALUR SEMUT; jalan yg dilewati semut & TERLIHAT Semut...
#LOKASI - Meski
#LOKASI anda dekat dg pabrik, bkn brarti akan laris warung anda. Dekat, blm tentu terlewati lho... - Nah, dlm survei
#LOKASI, selalu GAMBARKAN PETANYA, tandai ke 4 elemen tsb! Bkn pake FEELING. Krn blm tentu Feelingnya well. - Jalur semut jg perlu perhatikan KETERLIHATAN! Jk tertutup POHON, bangunan, tembok, ya Semutnya gak lihat juga.
#LOKASI - Ingat: semut punya SUDUT PANDANG wajar 30 derajat kanan&kiri. Jd pastikan terlihat saat semut lewat.
#LOKASI - Jalur semut jg perlu memperhatikan KECEPATAN SEMUT lewat. 5km/jam(macet) & 80km/jam akan beda ketinggian SignBoardnya.
#LOKASI - Jalur semut pagi hari, beda dg sore/ malam hari. Mungkin beda jg dg week end. Jadi lakukan survei dg teliti.
#LOKASI - Lbh baik anda repot sdikit saat Survei
#LOKASI, drpd anda repot u/ memindahkan saat Salah#LOKASI. - Gunakan bantuan petanya mbah Google u/ memudahkan PENANDAAN anda!
#LOKASI - Jangan lupa tandai juga PESAING anda. Dg memilih
#LOKASI dg jalur semut yg tepat, anda bisa curi start! - Skali lagi: Gambar/tandai di peta. Misal: Pengundang: bulatan biru, sarang: hijau, kompetitor:merah, jalur: garis hitam. #LOKASI
0 komentar:
Posting Komentar
Trimakasih telah membaca
Ada baiknya kalau anda juga memberikan komentar
Trimakasih